Saat membuat sebuah project yang menggunakan web server dari XAMPP biasanya cara mengaksesnya kurang lebih seperti http://localhost/namaproject. Namun, pada artikel ini kita bisa mengakses dengan cara namaproject.com atau namaproject.org atau yang lainnya sesuai dengan keinginan. Cara ini cukup mudah hanya membuat virtual host pada Windows saja. Tapi dengan catatan domain yang akan digunakan belum ada yang menggunakan. Sebagai contoh nama project Anda adalah google, jadi jangan menggunakan domain di virtual hostnya google.com tetapi diganti dengan top domain yang lainnya agar tetap bisa mengakses domain google.com. Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat virtual host dengan server name bayusapp.xyz dari project bayusapp yang sudah ada di folder htdocs saya.

Ubah httpd-vhosts.conf

File ini berisi konfigurasi untuk membuat virtual hostnya, secara default sudah ada contoh penulisannya akan tetapi untuk mempermudah dapat dilihat konfigurasinya dibawah ini.

<VirtualHost *:80>
     DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/"
     ServerName localhost
</VirtualHost>
<VirtualHost *:80>
     DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/bayusapp/"
     ServerName bayusapp.xyz
</VirtualHost>

Sebagai catatan, untuk bayusapp sesuaikan dengan nama project Anda dan juga ServerNamenya.

Ubah file hosts

File hosts ini berisi tentang pengaturan DNS local di Windows, untuk mengaksesnya filenya ada di directory C:\Windows\System32\drivers\etc. Namun, untuk mengeditnya diperlukan akses Administrator. Oleh karena itu jalankan text editor sebagai administrator lalu buka file host pada directory tersebut. Setelah itu tambahkan dua baris ini pada bagian paling akhir.

127.0.0.1    	localhost
127.0.0.1    	bayusapp.xyz

Pada baris kedua terdapat bayusapp.xyz yang dapat diganti dengan ServerName pada pengaturan ubah httpd-vhosts.conf yang telah Anda lakukan.

Restart Apache

Setelah mengubah kedua konfigurasi diatas jangan lupa restart Apache XAMPP Anda agar konfigurasi tersebut berjalan. Setelah itu tidak perlu lagi mengakses file project Anda dengan http://localhost/bayusapp tapi cukup dengan http://bayusapp.xyz. Untuk penulisannya bisa dengan http atau tanpa http karena secara otomatis akan bisa diakses. Jadi sekian untuk artikel Membuat Virtual Host XAMPP Windows.

Happy Coding ^-^